Tuesday, August 18, 2009

Membagi Koneksi Internet dengan 2 LAN Adapter





Sebenernya ada banyak cara, pake LAN saja ada beberapa macam cara. Tapi berhubung saya gunakan adalah dengan menggunakan 2 LAN adapter (1 LAN Card dan 1-nya USB LAN) maka cuman cara inilah yang akan saya sharing,

Kemaren-kemaren saya sempat bingung juga, kok koneksi internet di rumah saya tidak bisa dibagi, padahal dah coba pinjem HUB dari temen kemudian langsung saya colokin kabel LAN yang dari radio wireless saya, lalu dari komputer dan laptop juga saya colokin ke HUB, tapi tetap aja tidak bisa konek.Padahal setting IP Adress dsb, dah baik dan bener.

Oooo... Ternyata dari ISP-nya sendiri dah setting di Radio wireless bahwasanya koneksi dari radio ini tidak bisa dibagi. Hanya untuk 1 IP dan sungguh sangat disayangkan untuk masuk ke radio sudah di kasih password jadinya saya gak bisa utak-atik.

Oke, kita sekarang sudah dapat petunjuk yang pertama. Bahwasanya, jika ISP anda mirip-mirip dengan ISP saya maka cara langsung ke hub itu tidak bisa. (kalo tidak salah ISP saya mirip banget dengan ISP Fastnet)

Naah, setelah searching di google, akhirnya saya mendapatkan cara yang paling cocok dan terbukti jalan. Yaitu dengan menggunakan 2 LAN Adapter. Jadi modal yang harus anda persiapkan adalah 1 USB LAN harganya +/- Rp 65.000 untuk daerah Banjarmasin dan Kabel UTP. Kalo mau membagi kelebih 2 komputer maka anda perlu 1 hub. Berhubung saya cuman mau connect ke 2 komputer saja (PC sebagai server dan laptop saya) maka saya tidak pakai hub.

Biar mudah membahasakannya, anda harus ingat ini :

USB LAN = Saya sebut LAN 1
LAN Card (asli di PC server) = Saya sebut LAN 2
LAN Card (Asli di PC Klient) = Saya sebut LAN 3
Dst.... mrgreen

Oke selanjutnya silahkan ikuti tutorial berikut:

1. Install USB LAN yang baru dibeli tadi di PC/Laptop yang mau dijadikan gateway (server). Yakinkan sampai instalannya beres.
2. Setelah itu colokin kabel yang berasal dari radio wireless (yang ada koneksi internetnya) ke LAN Adapter. Tapi LAN yang mana? Terserah anda, kalo saya, saya colokin di LAN 1 aja.
3. Setelah dicolokin, atur IP Address-nya sesuai dengan yang dikasih ISP anda.
Anggap punya saya :

IP Address : 192.168.2.2
Subnet Mask : 255.255.255.252
Default Gateway : 192.168.2.1
Preferred DNS Server : 192.168.2.1

Terus tes konek tidak, kalo konek berarti sudah sip.
4. Selanjutnya, colokin kabel ke LAN 2, dan ujung satunya colokin ke LAN 3 (ini hanya untuk 2 PC saja, kalo ke PC banyak liat Point 9)
5. Setting IP di LAN 2, menjadi :

IP Address : 192.168.0.1
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : kosongin
Preferred DNS Server : kosongkan

6. Setting IP di LAN 3, Menjadi :

IP Address : 192.168.0.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
Preferred DNS Server : 192.168.2.1

7. Selanjutnya klik kanan di LAN 1 (melalui control panel---network connections), terus pilih properties, setelah itu pilih tab advanced, kemudian pada pilihan Internet Connections Sharing, centang kotak yang disampingnya bertuliskan allow other network users to connect through this computers.... Bla...bla.... Penting banget nih.
8. Klik Oke, sekarang tes di PC client, mau tidak? Kalo benar berarti anda sudah sukses.
9. Kalo mau sharing ke banyak PC, maka anda harus colokin ujung kabel dari LAN 2 ke HUB (awalnya kan ini langsung ke LAN 3). Selanjutnya, siapkan kabel UTP lagi, baru colokin semua kabel ke LAN 3, 4, 5, dst dan ujung-ujungnya di colokin ke HUB tadi. Untuk settingan IP tinggal ganti aja, ujung-ujungnya misal
LAN 3 :

IP Address : 192.168.0.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
Preferred DNS Server : 192.168.2.1

LAN 4 :

IP Address : 192.168.0.3
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
Preferred DNS Server : 192.168.2.1

10. Perlu diingat bahwasanya yang menjadi gateway adalah PC/Laptop server tadi, jadi angkanya di sana mesti berupa IP address dari PC/Laptop server. Dan untuk DNS adalah DNS yang dikasih dari ISP sampeyan. Ok...

Selesai juga akhirnya, sekarang selamat berbagi koneksi....




No comments:

Post a Comment